Blogging
Together
With:
Kevin Tee


Written from a small house, to Indonesia.

Blogging Together

Kevin Tee


Written from a small house, to Indonesia.

Minggu, 02 Januari 2011

Alat Pointer Laser Hijau yang Dipake Sama Suporter Malaysia

Wah hari ini begitu banyak blog yang membahas tentang kekalahan timnas Indonesia dari Malaysia 3-0 semalam. Menantang saya untuk berpikir mencari topik lain selain ‘bagaimana perasaan saya tentang kekalahan itu’ dan ‘bagaimana seharusnya timnas menurut saya’. Saya memilih membahas alat laser hijau yang dipake suporter Malaysia meneror penglihatan kiper timnas kita.

Setelah membaca beberapa referensi di internet, akhirnya saya menemukan fakta menarik tentang alat laser hijau itu. Ternyata, alat itu berkekuatan 60 kali lebih besar dari pointer laser yang biasa digunakan di sekolah atau tempat-tempat perkuliahan atau ruang presentasi. Alat pointer laser ini menggunakan teknologi DPSSFD (Diode Pumped Solid State Frequency Doubled) yang termasuk dalam kategori high power yang menghasilkan pancaran sinar laser yang sangat kuat. Sebagai gambaran seberapa kuatnya sinar laser dari alat ini, silakan liat gambar berikut:

laser-hijau

laser-hijau

laser-hijau

Kenapa bisa begitu? Karena alat ini memiliki pancaran gelombang 532 nm yang memungkinkan alat ini dipake sebagai alat penunjuk bintang (skypointing) oleh para pengajar astronomi dan juga dipake sama tentara untuk mengirim sinyal titik lokasi. Jarak terjauh sinar laser dari alat ini bisa mencapai 12.500 kaki! Makanya nda heran kalo sinar hijau itu sangat mengganggu kiper Indonesia Markus Haris Maulana karena jarak antara tribun penonton dan gawang masih terlalu dekat untuk ukuran alat ini.

Brengsek betul tuh orang…

Ada berbagai merk yang beredar luas. Tapi kebanyakan bentuknya tidak terlalu besar. Daya yang dibutuhkan juga cuma dari 2 biji baterai AAA. Ini dia gambar salah satu produk serupa:

laser-hija

laser-hijau

Di salah satu situs yang menjual alat ini bahkan ada peringatan keras yang berbunyi:

DANGER: Laser Radiation. Never look directly into the green laser beam. Never point a green laser beam at a person. Do not aim the green beam at reflective surfaces.

Jadi jelas sekali bahwa alat laser hijau ini tinggi sekali radiasinya. Tidak boleh dipancarkan langsung ke mata manusia karena memiliki pancaran sinar yang terlalu kuat dan radiasi yang sangat tinggi. Jangankan dipancarkan langsung ke mata, dipantulkan ke benda yang bisa memantulkan cahaya saja masih dilarang sama kalimat peringatan di atas. Betul-betul keterlaluan suporter Malaysia itu.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai alat pinter laser hijau yang langsung beken dalam sekejap setelah pertandingan Indonesia vs Malaysia. Saya harap suporter Indonesia tidak melakukan hal ini. Maksud saya sih jangan melakukan hal serupa dengan pointer laser merah. Karena alat itu tidak kuat. Pake yang ini dong, bro!!!!

:)

Topik terkait: laser hijau, gambar alat laser, green laser beam from the audience when Indonesia VS Malaysia, laser hijau yang di pake malaysia, pointer laser hijau, ulasan supoter malaysia

Alternatif: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar