Blogging
Together
With:
Kevin Tee


Written from a small house, to Indonesia.

Blogging Together

Kevin Tee


Written from a small house, to Indonesia.

Senin, 03 Januari 2011

Penyebab Timbulnya Stres | Nonton Sepakbola Memicu Stress?

Penyebab terbesar timbulnya stress ada berbagai macam. Bisa jadi diantaranya adalah hal-hal sepele yang selama ini tidak kita perhatikan. Menyaksikan kekalahan tim sepakbola kesayangan bisa lebih memicu stres dibanding memikirkan pekerjaan dan pernikahan. Seperti halnya kekalahan Tim Garuda (Timnas Indonesia) yang gagal mencapai juara AFF Suzuki Cup 2010 karena gelar juara sukses diraih oleh Timnas Malaysia. Tidak hanya secara psikologis, pengaruhnya bahkan bisa diamati pada peningkatan tekanan darah yang ujung-ujungnya akan mempengaruhi kehidupan dan semangat kerja Anda.

Sebuah pertandingan sepak bola terbukti mampu memacu denyut jantung dan tekanan darah hingga 30 persen. Peningkatan paling tinggi terjadi ketika penonton merupakan penggemar berat yang merasa punya ikatan emosional dengan tim yang sedang bertanding. Apalagi jika permainan sepakbola tersebut adalah penentuan dari segalanya (misalnya partai final).

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Jens Duluvey di National Institute For The Study Of Stress atau lebih dikenal dengan singkatan Niftsos menunjukkan bahwa sedikitnya 2.000 penggemar sepakbola dilibatkan dalam penelitian tersebut. Dibanding aktivitas lain, menonton sepakbola memberikan dampak jangka pendek yang lebih besar terhadap tingkat stress.

Sementara untuk mengurangi dampak stres, Dr Duluvey menyarankan untuk mempraktikkan teknik pernapasan saat sedang menonton sepakbola. Caranya dengan menarik napas dalam-dalam, lakukan hingga diafragma terangkat dan dada tampak membusung, kemudian lepaskan. Sebisa mungkin buang udara melalui mulut sehingga otak dan perasaan akan menjadi lebih rileks dan tidak tegang.

Saran berikutnya adalah menghindari alkohol selama menonton. Meski sebenarnya alkohol memberikan efek relaksasi, nyatanya beberapa orang justru menjadi lebih agresif dan temperamental saat berada di bawah pengaruh alkohol. Apalagi jika tim idolanya kalah.

Jadi apakah kekalahan Timnas Indonesia dari Malaysia di Final Piala AFF semalam membuat semangat kerja Anda pagi hari ini berkurang? Jika iya, mungkin itu pertanda Anda stress karena pemicu stres paling tinggi adalah menonton sepakbola. Semoga kegagalan Tim Merah Putih menjuarai piala AFF 2010 tidak memberikan dampak buruk bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar